Menambah Kemampuan Menulis di Blog
Menjadi blogger memang harus banyak belajar, agar kemampuan kita dalam mengelolah blog semakin baik. Hal yang paling diutamakan dalam blog kita adalah konten. Kontent yang kita sajikan, tentunya berupa informasi yang dapat dibaca oleh orang banyak. Percuma kita sudah membangun blog bagus-bagus, yang telah memiliki tampilan yang bagus. Namun kita sendiri tidak pernah mengupdate isinya, hal itu akan menjadi sia-sia. Untuk itu penting penting bagi kita semua, untuk belajar menulis tentang sebuah topik tertentu. Kita tidak akan membahas tentang cara menulis yang benar, namun disini kita akan belajar  bagaimana agar dapat menulis konten yang baik di blogger.
Seperti yang pernah saya alami, selama menjadi bloger. Menjadi blogger pemula, yang menjadi kesulitan pertama adalah bagaimana menghasilkan sebuah karya dalam bentuk informasi tulisan tanpa copy/copas milik orang lain? Karena kebanyakan dari kita sebagai blogger pemula bingung, harus mulai dari mana kita menulis. Tentunya dasar utama, untuk menjadi seorang blogger adalah keinginan untuk menulis. Bukan berarti semua blogger itu pandai menulis ya, namun disini blogger adalah orang yang selalu belajar meningkatkan kemampuan menulisnya. 
Dimana para blogger profesional, yang bisa dikatakan sudah sangat sukses dalam membangun sebuah blog itu juga selalu meningkatkan kemampuan menulis mereka. Sama sepertinya halnya blogger pemula, kebanyakan dari blogger itu tidak memiliki latar belakang ahli dalam menulis. Namun karena terus berlatih, akhirnya dapatlah sebuah metode tersendiri untuk dapat menghasilkan sebuah tulisan hasil karyanya sendiri.
Sekarang apa saja tips-tips yang dapat membantu kita, dalam meningkatkan kemampuan menulis kita? Berikut ini beberapa hal yang harus kita perhatikan, agar mampu menghasilkan tulisan sendiri di blogger.
1. Banyak Membaca Karya Orang Lain

Jika diawal kita benar-benar kesulitan, akan menulis tentang apa? Cobalah untuk berkunjung ke blog orang lain yang memiliki keterkaitan dengan jenis blog kita. Jenis blog disini adalah fokus pembahasan pada blog kita. Misalkan blog kita fokus membahas tentang kesehatan maka untuk dapat mengisi kontent di blog kesehatanmu itu tentunya kita harus banyak-banyak membaca artikel-artikel tentang kesehatan. Tentunya artikel kesehatan dapat kita temui dari berbagai sumber, dapat melalui blog orang lain yang serupa, ataupun melalui buku dan yang lainnya.
2. Menulis sebuah topik tertentu yang Pernah kita Pelajari Sebelumnya

Jadi untuk memudahkan kita dalam menulis sesuatu, tentunya hal tersebut sudah pernah kita pahami atau pelajari di hari-hari seblumnya. Jangan menulis sebuah topik, yang kita sendiri belum sama sekali membaca atau mengeahui tentang topik tersebut. Yang terjadi nanti adalah kita akan merasa kesulitan untuk menulis, sehingga akan menggunakan waktu yang cukup banyak untuk menyelesaikan topik artike tersebut. Jadi baiknya, kita memulai menulis dengan topik yang sudah kita ketahui meskipun sudah cukup lama. Hal ini akan memberikan kecepatan tersendiri, untuk kita menyelesaikan artikel blog.
3. Memilih Topik yang Ringan untuk dibahas
Jangan pernah membuat artikel yang membutuhkan banyak riset, artinya artikel tersebut membutuhkan banyak data. Karena kita baru belajar menulis untuk blog kita, jadi pilihlah topik yang sederhana terlebih dahulu agar tidak terlalu memberikan beban kepada kita. Bukan tidak boleh ya, karena takutnya jika kita langsung memilih topik-topik yang memiliki tingkatan kesulitan yang besar. Hal ini akan menguras banyak tenaga da waktu kita untuk menyelesaikannya, ditakutkan hal ini memberikan kebosanan kita menulis topik tersebut dan akhirnya artikel tersebut tidak selesai sama sekali.
4. Perbanyak Istilah atau Kata-Kata Tertentu
Kenapa penting memperbnayak menambah istilah? Karena hal ini akan lebih memberikan kelancaran tersendiri dalam menulis Kita. Misalkan istilah jenis-jenis kata penghubung, jadi dalam menulis kita tidak hanya menggunakan 1 kata saja untuk menghubungkan sebuah kalimat atau paragraf. Gunakan variasi lain, yang memiliki maksud yang sama. Sehingga ini akan membuat kita terbiasa, menciptakan sebuah kalimat yang unik antar paragraf yang tidak terus mengulang-ngulang menggunakan hanya kta itu saja.
5. Buat Point-Point Tulisan yang Akan Kita Tulis
Maksudnya seperti ini, dalam tulisan yang kita buat itu perlu dibuat kerangka tulisan. Sehingga tulisan yang kita buat itu nantinya, akan terstruktur. Dan kitapun menjadi lebih muda, dalam menulis? Karena kerangka tersebut, menjadi pembatas untuk kita menulis terhadap topik yang kita bahas. Artinya dalam menulis topik tersebut, kita tidak keluar dari zona topik tersebut atau tidak terlalu jauh membahas hal-hal yang diluar topik yang kita bahas tersebut.
Misalakan seperti ini struktur tulisannya:
1. Definis
2. Macam-macam
3. Fungsi
4. Manfaat
5. Kelebihan & Kekurangan
6.dll
Nah itu contohnya, tapi silakan Kita modifikasi lagi sesuai dengan apa yang bakalan Kita bahas. Dan itulah tips-tips yang dapat membantu Kita, dalam meningkatkan kemampuan menulis sebagai blogger pemula. Dan semoga tulisan ini, dapat membantu kamu dalam menambah inspirasi untuk menulis di blog.