Pada pembahasan sebelumnya saya telah membahas tentang bagaimana memanfaatkan Link Internal di blog kita, dan sebagai lanjutannya adalah saya akan membahas tentang Memanfaatkan Link Eksternal untuk membangun reputasi blog kita di mesin pencarian.

Membangun Reputasi Blog dengan Link Eksternal

Link eksternal adalah sebuah link yang diletakan pada postingan blog kita, namun link tersebut menuju sebuah halaman lain, atau situs lain yang memiliki pembahasan yang sama dengan yang sedang kita tulis.

Teknik ini ampuh dan sering digunakan oleh banyak blogger, untuk membangun kualitas dari artikel yang mereka buat. Namun tak sedikit juga Link Eksternal ini menjadi boomerang bagi blog kita, yang bisa menurunkan reputasi blog kita.

Memanfaatkan Link Eksternal ini tidak semudah kita menggunakan link Internal, karena banyak hal yang harus kamu perhatikan agar link eksternal ini dapat berfungsi dengan baik. Untuk itulah kenapa kamu harus memahami dengan baik artikel saya kali ini, agar bisa menggunakan link eksternal dengan benar.

Ada beberapa tips yang harus kamu perhatikan, jikalau hendak menggunakan  link eksternal:

  1. Pastikan bahwa artikel yang kamu buat ini memang benar-benar membutuhkan sebuah link eskternal. Penggunaan link eksternal ini dilakukan, jikalau artikel yang kita buat memang benar-benar membutuhkan sebuah rujukan. Jikalau kamu merasa bahwa artikel yang kamu buat tidak membutuhkan sebuah referensi, maka link eksternal ini tidak perlu digunakan.
  2. Memilih Situs-Situs yang benar-benar terpercaya, dan memang bisa dijadikan sebagai bahan rujukan. Contoh situs yag memiliki reputasi yang baik di Mesin telusur, adalah Wikipedia dan masih banyak lagi. Hindari menggunakan situs-situs yang kurang terpercaya, untuk dijadikan link eksternal karena akan menurunkan kualitas Seo dari konten blog kamu.
  3. Hindarkan Link Eksternal dengan judul klik disini, karena itu merusak kualitas konten. Gunakan kalimat yang sesuai dengan konten blog kamu.
  4. Hindarkan menggunakan Link Eksternal terlalu banyak untuk blog, karena akan berakibat buruk juga untuk kesehatan blog.

Contoh penggunaan Link Eksternal:

Misalkan Saja disini saya membahas Mekanisme Google Adsense? Maka dalam postingan artikel saya ini saya dapat menggunakan Halaman Bantuan Adsense sebagai bahan Rujukan. Link Eksternalnya dapat dibuat seperti ini Kamu dapat membaca Juga Cara Kerja Google Adense untuk lebih jelasnya.

Contoh lain misalkan saja saya membahas tentang Belajar HTML, Maka saya dapat menggunakan W3Schools sebagai situs rujukan untuk penggunaan link eksternal di blog saya. Maka saya dapat membuat link eksternal seperti ini, Definisi dari HTML ini Disesuaikan dari Tempat belajar Resmi  W3Schools HTML Tutorial.

Nah itulah beberapa tipas dan cara yang dapat kamu lakukan untuk menerapkan link eksternal yang benar untuk postingan blog.