Alekpedia.com – Melakukan optimasi Seo pada gambar adalah kegiatan wajib, yang seharusnya dilakukan oleh blogger. Karena gambar pada postingan blog memiliki peranan yang sangat besar dalam dunia blog, hal ini berbanding lurus juga dengan Optimasi Seo pada Judul Artikel Postingan.

Meningkatkan SEO pada gambar blog

Kebanyakan dari kita sebagai blogger, terlalu menyepelekan soal gambar ini. Kebanyakan dari kita berpikir bahwa gambar ini yang penting Upload, padahal seharusnya  kita berpikir pentingnya mengupload gambar. Dengan begitu kita kakan memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi, untuk mengupload gambar ini dengan baik.

Dan yang lebih parahnya bagi blogger-blogger pemula adalah mereka tidak memberikan gambar sama sekali pada postingan blog. Sehingga postingan yang dibuatpun menjadi tidak menarik, meskipun kamu sudah memberikan daya tarik pada Deskripsi Blog. Padahal gambar yang dibuat ini tidak hanya menjadi daya Tarik saja loh ya, namun juga sebagai cara mengoptimasi artikel kita melalui gambar.

Minimal gambar yang kita upload itu ada 1, dan sangat bagus lagi jikalau kamu memiliki gambar lebih dari 1 yang memiliki kaitan dengan artikel yang sedang kamu buat ini. Dan mengupload gambar juga tidak sembarangan, serta pilih jenis-jenis gambar yang tidak memiliki hak cipta.

Ada beberapa Tips yang dapat kamu lakukan untuk  Optimasi gambar postingan:

1. Gambar Harus Original

Wajib sekali rasanya bagi seorang blogger, untuk menyisipkan gambar yang tidak copyright. Karena gambar yang mempunya hak ciptanya, tidak akan bisa dilakukan optimasi seo. Yang ada adalah kualitas artikel blog kita menjadi rendah, karena menyisipkan gambar tersebut. Silakan kamu cari gambar yang memang benar-benar tidak memiliki hak ciptanya, kamu dapat mencari di situs-situs penyedia gambar gratis seperti pixabay.

2. Nama File Gambar harus Relevan

Gambar original saja tidak cukup, kamu juga harus membuat judul file gambar sesuai dengan judul atau pembahasan blog kamu. Hal ini akan memberikan sebuah relasi yang baik antara judul, deskripsi dengan gambar blog. Terutama saat meletakan gambar pada bagian pertama, itu harus gambar-gambar yang sesuai dengan isi konten.

Contoh: 
Nama File Gambar Asli: MGIKALAO_0922727262.jpg
Nama File Gambar Setelah diubah:  Cara-optimasi-seo-gambar.jpg

3. Mengatur Ukuran Gambar

Mengatur ukuran gambar juga harus kamu perhatikan dengan baik, pada umumnya Ukuran gambar yang seo adalah ukuran 30 kb-100 kb. Lebih dari itu maka sudah tidak baik lagi untuk SEO blog, karena apa postingan blog kita akan menjadi berat saat diakses. Apakah dengan mengubah ukuran gambar menurunkan kualitas gambar? Tentu tidak, kamu dapat mengatasi hal tersebut dengan menggunakan tols/software kompres gambar.

4. Mengatur Title & Alt pada Gambar 

Yang terakhir ini wajib banget kamu lakukan, yaitu mengatur judul gambar setelh di upload di blog. Judul gambar dengan nama file gambar berbeda ya. Kamu juga perlu mengisi bagian ALT text yaitu nama alternatif dari judul gambar.

Kamu dapat meilihat contoh pengaturan Title dan Alt gambar berikut ini: