Pada bagian pertama ini, Anda tidak akan langsung diajarkan membuat blog. Namun sebagai wawasan, dan pengetahuan Anda juga harus  mengerti terlebih dahulu apa itu blog, sejarah terbentuknya blog, fungsi blog, tujuan blog, dan manfaat blog dalam dunia internet.

Pengenalan tentang Blog: Sejarah, Jenis, Tujuan dan Manfaat Blog

1.1 Pengertian Blog

Blog adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai postingan) yang telah dibuat oleh sang pemilik blog. Blog berisikan sebuah informasi berbentuk tulisan yang disebut dengan istilah artikel, dimana didalamnya memuat sebuah informasi berupa teks, gambar, video, dan data pendukung lainnya.

Namun blog juga dapat diartikan sebagai situs web yang ada diinternet, yang digunakan untuk kegiatan menulis sebuah informasi yang dapat diakses oleh siapapun, kapanpun, dan dimanapun melalui internet.

Saat Anda sedang mencari sebuah informasi di mesin pencarian, misalkan menggunakan pencarian google. Kemudian Anda mencari sesuatu, dengan mengetikan sebuah kata kunci di pencarian google contonya “Manfaat Minum Kopi”. Maka google akan menampilkan hasil pencarin tersebut, dalam bentuk judul-judul tentang yang Anda cari. Lalu saat Anda mengklik judul tersebut, maka Anda akan masuk pada sebuah situs dengan halaman yang membahas tentang Manfaat minum kopi tadi. Nah itu salah satu bentuk tulisan-tulisan dari blog, yang sudah dipublikasikan secara public dari sebuah blog.

1.2 Sejarah Singkat Blog

Terbentuknya blog ini sudah cukup lama, istilah Bloger ini muncul setelah Pyra Labs membentuk sebuah aplikasi yang menggabungkan pengolahan  projek, kotak, dan daftar tugas.
Pendiri dari perusahaan ini adalah Evan Wiliams dan Meg Hourihan. Kemudian nama Pyra diubah menjadi Blogger. Layanan ini sudah mulai disebar luaskan pada tahun 1999, tetapi belum begitu sempurna karena masih masih dalam tahap uji coba.
 
Barulah pada akhir tahun 2002, Pyra Labs ini diakusisi oleh Google. Dan berkembang sangat pesat yang dilengkapi dengan fitur yang dapat digunakan untuk kegiatan menulis. Karena sifat blogger ini open source, jadi siapa saja dapat menggunakan layanan ini secara gratis.

Dan blogger ini adalah salah satu Plaform yang sangat banyak digunakan untuk pembuatan blog. Selain gratis, layanan blog ini sangat mudah digunakan. Layanan ini dapat diakses sepenuhnya melalu disitus https://www.blogger.com.

1.3 Jenis-Jenis Blog

Setiap blog memiliki perbedaan, antara blog yang satu dengan blog yang lainnya. Perbedaannya dapat dilihat dari focus pembahasan pada sebuah blog. Pembahasan setiap blog memiliki ranahnya tersendiri, hal ini disesuaikan dengan latar belakang dan penguasaan materi tertentu.

Jenis-jenis blog ini, memiliki keterkaitan erat dengan yang namanya Niche Blog. Bagian ini mempunyai peran yang sangat besar, dalam perkembangan sebuah blog. Namun pembahasan Niche ini, akan Anda temui dipembahasan khusus.

Berikut ini adalah jenis-jenis blog secara umum, yang sering dijumpai di internet:

1. Blog Pribadi
Blog jenis ini berisi pembahasan yang bersifat personal, yang ditulis berdasarkan pengalaman pribadi. Biasanya berisi diary, catatan seputar aktivitas sang penulis dalam kehidupan sehari-harinya.

2. Blog Edukasi
Blog jenis ini membahas tentang dunia pendidikan, biasanya berisikan informasi yang edukatif. Pembahasan pada blog seperti ini,bersifat mendidik bagi pembacanya. Dimana terdapat banyak pengetahuan yang dibahas, berisi materi-materi sekolah, info sekolah, dan masih banyak lagi.

3. Blog Kesehatan
Blog jenis ini banyak memberikan solusi bagi kesehatan. Berisi tips hidup sehat, mencegah terhadap masalah kesehatan tertentu, dan memberikan cara penyembuhan terhadap jenis penyakit tertentu.

4. Blog Teknologi
Blog jenis ini memberikan informasi seputar teknologi terbaru, baik itu teknologi terkini atau teknologi yang akan hadir dalam kehidupan masa depan. Pembahasan pada blog ini banyak berisi tentang spesifikasi, solusi permasalahan terhadap teknologi.

5. Blog Tutorial
Blog jenis ini berisikan panduan-paduan dalam menggunakan alat, pembuatan sesuatu yang memberikan solusi bagi pembacannya. Blog jenis ini pun sangat luas, dan terbagi dalam banyak fokus. Misalkan fokus Tutorial Blog, Tutorial Game, dan sebagainya.

6. Blog Motivasi
Blog jenis ini memberikan sebuah peningkatan kepribadian pada pembacanya. Blog jenis ini bersifat membangun dan memberikan sebuah energi bagi seseorang untuk berubah atau melakukan sesuatu.
Dan masih banyak lagi jenis-jenis blog yang dapat ditemui di Internet.

1.4 Tujuan Orang Membuat Blog

Setiap orang memiliki tujuan yang berbeda, dalam membuat blog. Hal ini disesuaiakan dengan  apa yang hendak dicapai sih pembuat blog. Jika Anda bertanya pada seorang blogger, jawaban yang Anda dapat akan bemacam-macam.

Berikut ini adalah tujuan seseorang membuat dan memiliki blog secara umum:

1. Ingin berbagi pengalaman
Berbagi pengalaman adalah salah satu alasan yang sering dijumpai dikalangan blogger. Karena setiap orang memiliki pengetahun terhadap apa yang pernah ia pelajari, hal itu juga yang memberikan sebuah keinginan untuk berbagi dengan sesamnya. Kenapa memilih blog untuk berbagi pengalaman? Karena di blog ini akan lebih bertahan lama, dan juga dapat menjangkau lebih banyak orang di penjuru dunia.

2. Latihan menulis
Karena hubungan antara blog dengan menulis ini sangat erat, maka dari itu blog banyak digunakan untuk latihan menulis sebuah topik tertentu. Karena percuma jika mempunyai blog, namun tidak memiliki konten sama sekali. Mau tidak mau, jika sudah membuat blog orang tersebut harus dapat menuliskan sesuatu.

3. Tempat mencari teman yang memiliki hobi menulis
Blogger ini adalah salah satu media terbaik, untuk mencari teman yang suka menulis. Jadi karena ingin memiliki teman yang suka menulis, akhirnya coba ikutan-ikutan di komunitas blogger. Ternyata menyenangkan dan aktivitas tersebut terus dilanjutkan.

4. Ingin mendapatkan penghasilan dari blog
Tahukah Anda bahwa blog dapat digunakan untuk menghasilkan uang? Ini adalah salah satu hal yang menarik dari sebuah blog. Blog untuk saat ini tidak hanya dijadikan sebagai hobi semata, melainkan sebagai pekerjaan utama. Ya memang benar hal tersebut, Anda dapat menghasilkan uang dari blog Anda. Tapi mengenai cara menghasilkan uangnya, akan dibahas pada bagian khusus yang akan Anda temui jika membaca semuanya sampai selesai.

1.5 Manfaat dari Blog

Blog memiliki peran yang besar di Internet, karena dari seorang bloggerlah terdapat banyak informasi dan pengetahuan yang dapat di pelajari. Jika tidak ada seorang blogger, yang terjadi nanti tidak ada informasi yang dapat dicari di internet.

Manfaat dari blog , dapat dirasakan dalam dua sisi:

1. Sisi Pembaca

  • Pembaca akan mendapatkan banyak wawasan dari apa yang ditulis di blog
  • Menjadi sebuah solusi bagi pembaca, dalam menyelesaikan sebuah permasalahan yang belum pernah dialami oleh pembaca sama sekali
  • Mendapatkan sebuah referensi baru dari informasi yang ditulis di blog
  • Dapat dijadikan bahan atau materi dalam menyusun sebuah karya tulis

2. Sisi Pemilik Blog

  • Dari proses ngeblog, hal tersebut bisa meningkatkan kemampuan Anda dalam menulis
  • Meningkatkan Eksistensi Anda sebagai seorang Blogger
  • Dapat digunakan sarana promosi dan bisnis online
  • Dapat digunakan untuk melakukan kerjasama dengan organisasi /kelompok tertentu untuk media periklanan.
  • Bisa digunakan untuk mengembangkan dan Membranding bisnis Anda.
  • Dari blog Anda bisa mendapatkan sebuah penghasilan.

1.6  Kenapa Memilih Plafform Blogger?

Blogger merupakan platform yang  banyak digunakan untuk membuat blog, mulai blog pribadi hingga blog untuk kepentingan bisnis. Blogger ini juga sangat cocok digunakan para pemula yang ingin belajar mempunyai blog sendiri. Dalam sisi untuk penggunaan, plafform ini sangat mudah dipahami.

Untuk lebih jelasnya, Ada beberapa hal yang membuat Blogger ini tetap memiliki banyak pengguna.

1. Kelebihan Plaform Blogger
Adapun keunggulan yang dimiliki blogger:

  • Gratis pastinya.
  • Terpercaya, karena dimiliki oleh perusahaan Google.
  • Server aman
  • Didukung SSL
  • Penyimpanan gambar Unlimited
  • Mudah digunakan
  • Fitur cukup lengkap
  • Dapat di Monitesasi (Menghasilkan Uang)

2. Kekurangan Plaform Blogger
Selain itu ada beberapa hal yang menjadi kekurangan dari blogger ini:

  • Harus patuh dengan kebijakan blogger,jika tidak rawan penghapusan blog
  • Kontrol terhadap Blog Terbatas
  • Tidak bisa meggabungkan dengan Program Seperti Framwork Program
  • Tampilan sederhana

Setiap platform manapun, memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Namun semuanya disesuaikan dengan kebutuhan Anda terhadap blog. Jika Anda membuat blog dengan tujuan sekedar mempublikasikan sebuah karya tulis, maka plaform blogger ini lebih dari cukup. Namun jika di blog tersebut  ingin dibuat sebuah program khusus dan kompleks,maka blogger ini bukanlah pilihan yang tepat.