Pernah gak Kamu ngalami gagal, saat sedang memasang sebuah aplikasi di laptop/Komputer. Pastinya pernah donk ya, bahkan sering banget. Masalah yang sering ditemui biasanya macam-macam. Tapi biasanya yang paling umum adalah karena aplikasi tersebut terdeteksi sebagai virus, sehingga di blokir oleh Antivirus.
Cara Mudah Mengatasi Gagal Instal Aplikasi di Laptop/Komputer karena Windows  Defender

Khusus Kamu yang menggunakan Windows 10, masalah tersebut biasanya terletak di Windows Defender. Jadi windows defender pada windows 10 itu sebagai sebuah utilitas yang melindungi Laptop/Komputer dari serangan Malware yang mengancam Sistem Operasi pada Windows.
Jadi wajar aja, kalo pas kamu nginstal aplikasi dari sumber gak dikenal langsung di block di Windows Defender. Bisa dikatakan, bahwa Windows Defender ini sebagai Antivirus (Defence) keamanan utama. Memang keberadaan Windows defender, ini juga sangat diperlukan oleh OS yang beroperasi dengan Windows 10. Kalau kita hanya mengandalkan Antivirus, yang bertebaran di internet saya yakin tidak menjamin banget. Loh kenapa? Karena kebanyakan dari kita, menginstal versi gratisnya. Jadi perlindungan tidak terlalu maksimum, jadi Malware yang bisa merusak sebuah sistem sangat mudah untuk menerobos sistem keamanan Komputer/Laptop kita.
Meskipun demikian, kita juga kadang perlu menginstal aplikasi dari sumber yang tidak dikenal. Tapi bukan berarti, ada virusnya ya dari program aplikasi tersebut. Namun disini maksudnya, ada benar-benar Aplikasi yang perlu kita instal yang tidak disediakan oleh Os kita secara default. Saat seperti inilah Windows Defender akan di non aktifkan sementara, agar Aplikasi yang hendak kamu instal dapat terpasang dengan baik.
Kalo kalian cuman mematikan Antivirus pendukung saja tidak cukup, misalkan ada Antivirus Smadav yang terpasang di Komputer/Laptop Kamu. Namun kedua-duanya perlu dimatikan, untuk sementara waktu ya. Jadi kalo Aplikasinya sudah selesai terpasang, silakan aktifkan kembali seperti semula.
Namun di pembahasan saya kali ini, saya tidak terfokus dengan Antivirus lain. Namun yang paling utama adalah Bagaimana Mematikan atau Menonaktifkan Windows Defender untuk sementara waktu.
Berikut ini Cara Mengatasi Pasang Aplikasi Karena Windows Defender:
1. Silakan Kamu buka Setting pada Windows 10, atau bisa melalui keyboard Windows+i seperti gambar berikut. Silakan pilih Update & Security.
Setting pada Windows 10
2. Silakan pilih Windows Defender, lalu klik pada Open Windows Defender Security Center.
Windows Defender 2
3. Selanjutnya silakan pilih dan klik Virus & Threat Protection.
Virus & Threat Protection Windows Defender
4. Dilanjutkan dengan memilih dan klik Virus & Threat Protection Setting.
Virus & Protection Setting
5. Langkah terakhir, silakan ubah pada Real-Protection dari ON Menjadi OFF. Ingat ya, setelah kamu menginstal Aplikasi tersebut. Silakan kembalikan kondisi Real- Protection dari OFF menjadi ON.

Jika Kamu telah mengikuti semua panduan yang saya berikan dari point 1-5 dengan baik, maka kamu telah berhasil. Terakhir silakan Instal kembali aplikasi yang gagal Kamu instal. Yakin deh Aplikasi kamu bakalan berhasil terpasang di Laptop/Komputer Kamu. Pastikan juga Antivirus yang lain udah, di nonaktifkan juga ya.
Kalau Kamu bisa, kenapa harus Orang lain.