Hallo Sahabat Alekpedia, Kali ini saya akan membahas tentang bagaimana membuat Sitemap untuk Blog yang keren dan juga dinamis untuk blog. Dimana sitemap pada sebuah blog itu sangat penting, dan itulah kenapa setiap seorang blogger seharusnya membuat halaman sitemap khusus untuk blog mereka. Sebelumnya saya juga pernah membahas tentang bagaimana mengatur Featured Post di blog, agar terlihat lebih bagus.

Apa sih sebenarnya fungsi dari sebuah sitemap pada sebuah blog? Biar makin jelas lagi tentang sitemap, saya akan mengupas kembali apa itu sitemap dan fungsinya untuk blog? Sitemap adalah sebuah daftar link postingan yang ada pada blog kita, yang digunakan untuk mesin pencari dapat dengan mudah mengindeks halaman blog kita.

Karena mesin pencari memiliki yang namanya bot spider, yang berfungsi untuk mengindeks setiap halaman yang ada pada blog kita. Halaman yang di indeks tersebut adalah sitemap.

Selain itu sitemap pada blog, dapat kita manfaatkan untuk membuat daftar isi. Sehingga pengunjung pada blog kita, dapat dengan mudah melihat semua postingan atau artikel yang pernah kita buat pada blog kita. Biar makin keren, tambahkan juga Fitur Dark Mode pada blog agar pembaca lebih nyaman saat membaca di blog kita.

Untuk membuat sitemap pada blog kita itu sangat mudah, kamu cukup memasukan kode berikut ini pada halaman blog kamu. Buat sebuah halaman dengan nama sitemap atau daftar isi. Namun disini saya lebih merekomendasikan sitemap.

Berikut ini kodenya:

<style type="text/css">
#toc{width:99%;margin:5px auto;border:1px solid #ff0040;
-webkit-box-shadow:4px 4px 8px 2px rgba(0,0,0, 0.2);
-moz-box-shadow:4px 4px 8px 2px rgba(0,0,0, 0.2);
box-shadow:4px 4px 8px 2px rgba(0,0,0, 0.2);}
.labl{color:#FF5F00;font-weight:bold;margin:0 -5px;
padding:1px 0 2px 11px;background: #ff0040;
border:1px solid #2D96DF;
border-radius:4px;-moz-border-radius:4px;
-webkit-border-radius:4px;box-shadow:3px 3px 1px #bbb;
-moz-box-shadow:3px 3px 1px #bbb;-webkit-box-shadow:3px 3px 1px #bbb;display:block;}
.labl a{color:#fff;}
.labl:first-letter{text-transform:uppercase;}
.new{color:#FF5F00;font-weight:bold;font-style:italic;}
.postname{font-weight:normal;background:#transparent;margin-left: 35px;}
.postname li{border-bottom: #ddd 1px dotted;margin-right:5px}
</style>
<br />
<div id="toc">
<script src="https://cdn.jsdelivr.net/gh/penaindigo/Pena-Indigo-Code@a134f9def601a6f77332eccc35d3d20e0d3c7e49/sitemappenaindigo.js" type="text/javascript"></script>
<script src="/feeds/posts/default?max-results=9999&alt=json-in-script&callback=loadtoc">
</script></div>

Dengan begitu saat mesin pencari sedang mengindeks sebuah halaman pada situs web atau blog kamu, dapat dengan mudah menelusuri setiap artikel yang pernah kamu publish dari awal hingga yang terakhir. Dengan begitu kesempatan blog kamu, untuk mendapatkan posisi nomor 1 di pencarian dapat dengan mudah dilakukan.

Karena jika kita tidak meletakan sebuah sitemap pada blog, saat postingan kita terlalu banyak mesin pencari akan sangat sulit mengindeks dan menemukan postingan yang ada pada blog kita. Demikian semoga bermanfaat!