Beruntung Banget untuk kamu yang sekarang pakai Windows 10? Lah kok gitu, ada apa sih dengan Windows 10? Beneran nih di Windows 10, gak perlu Instal ulang? Wow banyak banget nih pertanyaannya.

Oke, jadi di Windows 10 sebenarnya ada sebuah program atau fitur yang disediain oleh sang pengembang dari sistem operasi ini, untuk mengatasi error di OS Windows 10 ini. Misalkan nih kalian salah nginstal Aplikasi, yang  kamu dapatkan dari download di Internet. Dan aplikasinya ternyata hoax, dan ternyatanya lagi di dalam aplikasi tersebut udah ditanam semacam program yang membuat laptop kita seperti melakukan perintah yang gak jelas.

Cara Memperbaiki Erorr atau Keserang Virus di Windows 10 Tanpa Instal Ulang

Hal ini pernah saya alami, pas nginstal aplikasi dari situs tidak terpercaya. Pas saya install, laptop saya kayak jalani program sendiri meredirect ke situs gak jelas, muncul iklan-iklan yang menguntungkan pihak sih pembuat virus ini. Jadi kalo kamu yang belum pernah ngalami, pastinya cukup dibuat pusing juga. Lah emang apanya yang terjadi ? Jadi karena adanya program yang otomatis membuat laptop/komputer yang memasang aplikasi tersebut menjadi terus membuka sebuah situs yang tidak dikenal tanpa berhenti. Bisa mengakibatkan laptop jadi hang, down, dan juga memperlambat kerja dari komputer itu sendiri. Dan kalo dibiarin secara terus menerus,, tidak mustahil menyerang dari sistem komputer atau laptop kita yang membuat kerusakan lebih parah lagi.

Dan sebaiknya kalian lakukan cara ini, jika kamu merasa ada yang tidak beres pada Laptop kamu. Seperti Laptop sudah sering Not Responding, dan banyak mengalami masalah atau error dalam menjalankan sebuah Aplikasi.

Apa sih nama fitur yang disediaiin sama si OS Windows 10 ini, yang belum banyak diketahui oleh banyak orang. Jangan sampai nanti ada masalah sedikit, kamu langsung ke tukang servis/ konter. Kan udah ada ilmunya, jadi bisa beneri sendiri kalo ada kasus seperti yang saya sebutkan di atas.

Windows 10 punya yang namanya Sistem Recovery, sistem ini sangat membantu banget untuk membantu perawatan dari dalam Laptop/Komputer kita. Jadi Recovery ini membantu user atau pemakai untuk melakukan reset dari awall atau melakukan mengembalikan sistem OS ke bentuk semuala (Default). Jadi Aplikasi yang pernah kamu install akan secara otomatis dan direset dan dihapus secara menyeluruh, dan mengembalikan ke aplikasi tuurutan dari awal. Di sietem Recovery ini memiliki 2 alternatif yang bisa kamu pilih:
1. Semua Aplikasi terhapus, akan tetapi data lain yang pernah kamu simpan di local Non Sistem akan tetap aman atau tidak terhapus.
2. Sebaliknya, kamu menghapus semua data yang kamu pilih sehingga data di ROM benar-benar kosong.

Jadi pastikan sebelum melakuka hal tersebut, kamu harus pinter memilih yang sesuai dengan kebutuhan kamu ya. Namun tenang aja, saya udah buatin kok cara melakukannya dengan baik tanpa harus menghapus semua data kamu.

Berikut Cara Melakukan Recovery untuk Mereset dan Menghilangkan Semua Error di Laptop yang Memakai Windows 10:

1. Langkah pertama silakan kamu buka setting di Windows 10, bisa juga melalui Keyboar dengan mengklik tombol Windows+i , maka akan tampil seperti gambar berikut:

Buka Setting di Windows 10
2. Selanjutnya silakan pilih Update & Security  seperti gambar diatas ya. Setelah kalian pilih silakan pilih Recovery  seperti gambar berikut:
Pilih Recovery Ya
3. Kemudian setelah itu pilih Reset this PC, dengan klik Get Started. Seperti gambar berikut ya:
Pilih Reset ya
4. Langkah terakhir, setelah kamu mengklik Get Started maka akan muncul jendela baru dengan dua Option. Disinilah harus hati-hati banget ya milihnya, kalo salah milih data kamu bisa hilang semua nih. Silakan pilih Keep My Files.  Seperti gambar ini ya:
Selamat sekarang kamu sudah menyelesaikan langkah-langkah yang udah saya tulis sampi point 4. Oh saya lupa sebelum melakukan ini, silakan cek juga kondisi Baterai Laptop/Komputer kamu ya. Jangan sampai mati pas melakukan recovery bisa gagal. Dan fatalnya lagi bisa menyebabkan kerusakan OS. Kalau gak sambil charge juga gak apa-apa, untuk mengantisipasi. Sabar ya tahap selanjutnya, kamu harus menunggu bisa memakan waktu cukup lama. Karena Sistem akan mereset dan memperbaiki Os.