Niche blog ini sangat penting pada sebuah blog, berkembang dan tidaknya sebuah blog dari awal hingga akhir juga dipengaruhi oleh niche blog ini. Melalui artikel ini Anda akan belajar Tips dalam memilih Niche Blog yang Tepat, agar blog Anda memiliki progress yang lebih cepat.

Cara Memilih Niche dan Nama Blog yang Tepat

Niche blog juga menentukan, seberapa lama blog tersebut akan bertahan lama di dunia blog. Kesalahan dalam memilih niche, bisa berakibat fatal dan menyebabkan blog tersebut tidak akan dikembangkan lagi oleh pemilik blog. Jangan sampai hal ini terjadi pada diri Anda.

Baca Juga: Pengenalan tentang Blog: Sejarah, Jenis, Tujuan dan Manfaat Blog

Pengertian Niche Blog

Niche blog adalah fokus pembahasan yang terdapat dalam sebuah blog, hal ini disesuaikan dengan latar belakang sang pemilik blog. Namun kebanyakan dari blogger pemula tidak mengetahui tentang niche blog, bahkan meremehkan hal ini. Akan tetapi bagi Anda yang ingin mempunyai blog yang berpotensi dalam banyak hal, niche blog ini sangat harus diperhatikan dengan baik.

Anda tidak usah khawartir, melalui artikel ini. Saya telah menyiapkan tips-tips yang dapat Anda gunakan, untuk menentukan Niche blog. Jadi Artikel kali ini, dapat diterapkan dalam semua plaform untuk membuat blog seperti Blogger maupun WordPress.

4 Cara menentukan Niche blog yang cocok dengan blogger dan WordPress Anda:

1. Mengenali Kemampuan diri Anda

Untuk dapat menentukan sebuah niche blog yang tepat, terlebih dahulu Anda harus tahu tentang Potensi diri Anda pada sebuah bidang. Untuk mengetahui kemampuan diri Anda pada sebuah bidang, tidak terlalu sulit. Berikan sebuah pertanyaan pada diri Anda, dan cobah jawab semuanya dengan jujur.

Misalnya:

  • Apa yang sering saya kerjakan?
  • Kenapa saya menyukai hal yang saya kerjakan?
  • Seberepa besar atau berhasilkah saya dalam menyelesaikan pekerjaan saya?
  • Bagaimana hasil dari apa yang saya kerjakan?

Pertanyaan tersebut, akan memberikan sebuah jawaban yang dapat membantu Anda dalam memilih niche blog.

2. Topik Seperti Apa yang sering Anda baca dan cari di berbagai sumber?

Jadi setiap orang, memiliki kesukaan yang berbeda dalam sebuah topik. Hal ini dapat Anda ilustrasikan, pada buku yang disukai oleh seorang siswa. Contohnya saja seperti ini, terdapat 2 siswa A dan B yang memiliki hobi sama-sama membaca. Siswa A suka membaca buku Tentang Sastra, sedangkan Siswa B menyukai buku tentang Ekonomi.

Sekarang tanyakan kembali pada diri Anda, topik apa yang suka Anda baca sejak lama? Misalkan saja saya jika sedang browsing di internet, sering membaca artikel-artikel tentang blog. Akhirnya saya memiliki banyak pengetahuan di topik blog, hal ini juga yang melatar belakangi saya dalam memilih sebuah niche tutorial blog pada Sekolah Blogger.

3. Pengalaman dibidang Apa yang telah Anda miliki?

Anda akan mendapatkan pengalaman, jika Anda terus menekuni suatu pekerjaan secara berulang. Dari pengalaman Anda terhadap suatu bidang, dapat Anda manfaatkan untuk membantu Anda dalam memilih niche blog. Setiap orang, bisa memiliki lebih dari satu pengalaman dibidang tertentu. Misalkan saja Anda sudah sering membengkel berbagai jenis kendaraan bermotor atau mobil, dan pekerjaan itu terus Anda lakukan secara berulang dan berkelanjutan.

Hal tersebut, lama kelamaan menjadi sebuah kebiasaan yang membuat Anda menjadi pengalaman dibidang tersebut. Dari pengalaman tersebut, Anda dapat membuat blog dengan niche Otomotif. Dengan berbekal pengalaman Anda, terhadap suatu bidang. Anda akan lebih mudah dalam menulis tentang topik tersebut, dibanding dengan orang yang tidak memiliki pengalaman dibidang tersebut.

4. Hal Apakah yang selalu popular disekitar Anda, dan terus Anda lihat serta mendengarnya.

Tentunya dikehidupan nyata, dilingkungan masyarakat Anda akan banyak melihat fenomena-fenomena sosial. Fenomena tersebut dapat berupa hal-hal yang sedang dibutuhkan oleh masyarakat dan informasi seperti apa yang sedang banyak dicari oleh masyarakat. Namun informasi tersebut, harus Anda kaji secara mendalam. Apakah bersifat sementara, atau permanen. Jika hanya bersifat trending sementara, maka hal tersebut tidak cocok digunakan untuk membuat niche blog. Namun jika informasi yang dibutuhkan tersebut bersifat berkelanjutan, Anda dapat menggunakannya untuk menentukan niche blog Anda.

Nah itulah beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk menentukan Niche blog yang cocok dengan blog, yang akan Anda buat.’

Cara Menentukan Nama atau  Judul yang Tepat untuk blog Anda

Membuat judul untuk blog, sering juga tidak diperhatikan dengan baik oleh kalangan blogger pemula. Hal ini banyak saya temui  di Grup Blogger Indonesia Facebook, disana banyak blogger pemula yang mempromosikan blog mereka. Namun kebanyakan dari blog tersebut, membuat Nama dan Judul Blog sembarangan yang tidak mewakili dari konten mereka.

Sama halnya dengan Niche sebuah blog, Nama blog ini juga memiliki pengaruh besar dalam perkembangan blog. Nama pada blog dijadikan identitas awal, yang digunakan agar pengunjung pada blog Anda dapat mengingatnya denga baik.

Jadi pastikan Anda dapat menentukan dengan tepat untuk nama blog ini. Nama pada blog ini, disesukan dengan niche pada blog Anda. Jadi keduanya harus memiliki keterkaitan, namun jika Anda sudah menentukan niche blog maka hal tersebut dapat membantu Anda lebih mudah untuk memilih nama blog.

Berikut ini Tips Menentukan Nama atau Judul pada Blog Anda:

 1. Tidak Terlalu Panjang

Jika Anda ingin membuat nama blog, pastikan jangan terlalu panjang. Nama pada blog, dapat terdiri dari 1 suku kata atau 2 suku Kata. Karena jika nama blog terlalu panjang, hal ini akan membuat pengunjung blog sulit untuk mengingat nama blog Anda. Misalkan nama Anda adalah “Andi” dan niche blog Anda adalah otomotif. Maka nama blog Anda dapat dibuat dalam 2 suku kata seperti ini “Andi Otomotif”. Jika blog Anda niche blognya game, Anda bisa memodifikasinya menjadi 1 suku kata contoh “Andigamer”. Nah itu sekedar contoh, Anda dapat berkreasi lebih kreatif lagi.

2. Harus Unik dan Mudah di Ingat

Nama blog yang Anda buat juga harus unik,Hal ini bertujuan untuk dapat memasuki nomor 1  di mesin pencarin seperti google. Membuat nama yang unik untuk blog Anda, tidaklah sulit. Karena kesalahan yang terjadi, para blogger pemula membuat nama blog mereka terlalu umum. Sehingga menyebabkan blog mereka, tidak muncul di pencarian google. Contoh nama blog yang terlalu umum untuk pendidikan yang membahas tentang guru “Guru Indonesia” .

Nama untuk blog tersebut bagus, namun tidak akan muncul di pencarian google urutan pertama. Karena sudah terlalu banyak orang menulis, dengan topik Guru Indonesia. Anda dapat membuatnya menjadi unik seperti berikut “Gurupedia”.

Jika Anda tidak cocok dengan kata-kata unik. Andapun dapat menggunakan nama personal Anda, contohnya “Mas Sugeng” dan “Mastimon”. Tentunya 2 nama tersebut tidak asing lagi ditelinga Anda, jika Anda banyak membaca tentang blog.

Dan nama-nama yang akan dibuat untuk blog, terlebih dahulu harus diriset atau dicek di mesin pencarian. Kira-kira seberapa besar, kemungkinan nama Blog Anda akan muncul di pencarian? Hal ini harus diperhatikan dengan baik.

3. Mencerminkan Isi Konten

Membuat nama blog juga sangat disarankan, dengan nama yang secara tidak langsung mendeskripsikan tentang blog Anda. Nama blog yang mencerminkan isi konten, akan lebih menarik perhatian orang untuk membacanya. Jangan sampai Anda membuat nama blog kesehatan, yang dibahas malah tentang Tutorial Blog tidak nyambung jadinya.

Contoh nama blog yang secara tidak langsung mendeskripsikan tentang konten yang ada didalamnya “PanduanIm”. Dari nama tersebut Anda dapat membayangkan, informasi yang ada di blog tersebut. Meskipun Anda belum berkunjung sama sekali di blog tersebut.

Contoh lain pada nama “Sekolah Blogger”, meskipun Anda belum berkunjung sama sekali di blog ini. Anda sudah dapat membayangkan informasi seperti apa yang ada di dalamnya.
Biasanya nama dengan jenis ini, benar-benar fokus di satu titik pembahasan.

4. Tidak Menggunakan Simbol-Simbol Tertentu
Terakhir untuk membuat nama blog, sangat tidak dianjurkan menggunakan simbol-simbol atau penghubung nama blog. S3kolah*Blogg3r nama-nama yang terlalu banyak menggunakan symbol menjadi sulit untuk diingat oleh seseorang. Hal ini membuat blog, kurang maksimal di mesin pencarian.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda coba dan terapkan pada blog Anda.