1. 1 Pendahuluan



Word Wide Web (WWW) lebih dikenal dengan web, merupakan salah satu layanan yang didapat oleh pemakai komputer yang terhubung dengan internet. Web pada awalnya adalah ruang informasi dalam internet, dengan menggunakan teknologi hyperteks, pemakai dituntun untuk menemukan informasi dengan mengikuti link yang disediakan dalam dokumen web yang ditampilkan dalam browser web.

Belajar HTML #1: Mengenal Lebih Detail Apa Itu Web?



Kini Internet identic dengan web, karena kepopuleran web sebagai standar interface pada layanan-layanan yang ada di Internet, dari awalnya sebagai penyedia informasi, kini digunakan juga untuk komunikasi dari email sampai dengan chatting, sampai dengan melakukan transaksi bisnis (Commerce).


Kini, web seakan lebih popular daripada email, walaupun secara statistic email masih merupakan aplikasi terbanyak yang digunakan oleh pengguna internet. Web lebih popular bagi khalyak umum dan pemula, terutama untuk tujuan pencarian informasi dan melakukan komunikasi email yang menggunakan web sebagai interfacenya.


Internet identic dengan web, karena popularitasnya sebagai penyedia informasi dan interface yang dibutuhkan oleh pengguna internet dari masalah informasi sampai dengan komunikasi. Informasi produk dari yang serius sampai dengan yang sampah, dari yang Cuma-Cuma sampai dengan yang komersial, semuanya ada.
Selain itu web di adopsi oleh perusahaan sebagai sebagian dari strategi teknologi informasinya, karena beberapa alasan:

  1. Akses Informasi mudah
  2. Setup Server lebih mudah
  3. Informasi mudah di distribusikan, dan
  4. Bebas plafform; Informasi dapat disajikan oleh browser web pada sistem operasi mana saja karena adanya standar dokumen berbagai tipe standar dokumen, berbagai tipe data dapat disajikan.

1. 2 Sejarah Singkat Lahirnya Web



Tahun 1993, Tim Berner Lee dan peneliti lain di Eropean Particle Physics Lab (Consei Europeen pour la Recherche Nucleaire, atau CERN) di Geneva, Swis mengembangkan suatu cara untuk men-share data antarkoleganya menggunakan ssesuatu yang disebut dengan hyperlink.


Kemampuan Internet dimasukan kedalam browser ini sehingga loncat dari suatu dokumen ke dokumen lain, tidak lagi dari satu komputer saja, tetapi dapat meloncat ke dokumen lain yang letaknya pada komputer remote.


Seorang peneliti dapat juga mengirimkan sebuah file dari komputer remote ke sistem lokalnya, atau lg in kedalam suatu sistem remote hanya dengan mengklik hyperlink, tidak perlu melalui mekanisme FTP atau Telnet. Jalan pintas CERN digunakan sebagai dasar dasar yang disebut sekarang dengan Word Wide Web dan berikut server dan browser webnya (Sekarang dimaintenance oleh Word Wide Web Consortium).

1.3 Word Wide Web Consortium W3C



W3C mengembangkan teknologi (Spesifikasi, petunjuk –guide line, software, dan tool) yang dapat dioperasikan pada platform manapun, membawa web mencapai potensi yang utuh sebagai suatu forum informasi,commerce, komunikasi, dan perjanjian bersama (collective understanding).


W3C dibentuk pada Oktober 1994, dengan jumlah Anggota lebih dari 400 organisasi anggota dari seluruh dunia, dan telah menghasilkan pengakuan internasional untuk kontribusinya pada perkembangan web.


W3C kini merupakan badan resmi yang membuat standar web. W3C meletakan gabungan spesifikasi dalam standar web, berikut ini adalah hasil dari W3C:
• Standar web yang paling mendasar adalah HTML, CSS, dan XML
• Standar HTML yang terakhir adalah XHTML 1.0


Catatan:
CERN sekarang telah kembali pada misi awalnya melakukan penelitian pada fisika partikel, dan hasilnya yang berkaitan dengan web telah diserahkan kepada Word Wide Web Consortium, sekelompok akadmisi dan organisasi komersial yang mengabdikan pada kemajuan web. W3C, sebagai sebutannya, masih aktif dalam pengembangan web, dan Berner-Lee masih terleibat di dalamnya. Anda dapat mengunjungi W3 Web site di http://www.w3.org

1.4 Bagaimana WWW Bekerja?



Informasi web disimpan dalam dokumen yang disebut dengan halaman-halaman web (web pages). Web page adalah file-file yang disimpan dalam komputer yang disebut dengan server-server web(web servers). Komputer-komputer membaca web page disebut sebagai client. Web client menampilkan page dengan menggunakan program yang disebut dengan browser web (Web Browser). Browser web yang banyak digunakan ada Chrome, Mozila, Safari, Internet Explore, dll

1.5 Browser Web



Browser web adalah software yang digunakan untuk menampilkan informasi dari server web. Software ini kini telah dikembangkan dengan menggunakan user interface grafis,sehingga pemakai dapat melakukan point and click untuk pindah antar dokumen.

1.6 Bagaimana Browser Menggambil Page?



Suatu browser mengambil sebuah web page dari server dengan sebuah request. Sebuah request adalah sebuah page addres. Sebuah page address terlihat seperti berikut: https://www.Alekpedia.com

1.7 Bagaimana Browser Menampilkan Page?



Seluruh web berisi instruksi-instruksi bagaimana untuk ditampilkan. Browser menampilkan page dengan membaca instruksi – instruksi ini. Instruksi yang paling umum untuk menampilkan disebut dengan tag HTML. Tag HTML, Contohnya adalah seperti berikut:
<p>Ini Paragraf</p>

1.8 Server Web



Server web adalah komputer yang digunakan untuk menyimpan dokumen-dokumen web, komputer akan melayani permintaan dokumen web kliennya. Browser akan mengirimkan request kepada server untuk meminta dokumen tertentu atau layanan lain yang disediakan oleh server. Server memberikan dokumen atau layanannya jika tersedia juga dengan menggunakan protocol HTTP.

1.9 Istilah-Istilah Web yang Harus Ketahui




Berikut ini penjelasan istilah WWW, WEB, HTML, URL, Surfing, dan Surfer.
WWW, Word Wide Web;
lebih dikenal dengan web, awalnya merupakan sebuah layanan penyajian informasi di internet dengan menggunakan HTML. Web identic dengan internet, karena kepopulerannya saat ini, web sudah menjadi interface aplikasi untuk melakukan transaksi dan sajian informasi yang lengkap dari seluruh dunia.


Web; Word Wide Web

Protokol; secara definisi adalah standar pemrosesan informasi yang diterima secara umum. Protokol TCP/IP merupakan protocol yang digunakan dalam komunikasi dalam internet.


URL; Universal Resource ocator; Url adalah konsep nama file standar yang diperluas dengan jaringannya. Nama file ini tidak hanya menunjukan direktori dan nama filenya, tetapi juga namamesinnya dalam jaringan. URL dapat disediakan (ada atau diakses) dapat menunjukan query-query, dokumen yang disimpan dalam database, hasil dari suatu perintah finger atau archive, atau apapun yang berkaitan dengan data hasil proses.


Macam-Macam Url sesuai konteksnya:
URL File; Misal ada sebuah dokumen dengan nama “contoh.txt”, file ini adalah server ftp yang dinamai dengan ftp.piksi.itb.ac.id yang dapat diakses oleh pemakai anonymous, terletak di dalam direktori “pub/files”. Maka url ini adalah file://ftp.piksi,itb/pub/files/contoh.txt. Direktori paling atas (top level) dari file ini adalah file://ftp.piksi.itb.ac.id . Direktori “pub” dari server ftp ini dengan mudah adalah : file://ftp.piksi.itb.ac.id/pub

Url Gopher: Url Gopher sedikit lebih rumit daripada url file, karena server Gopher sediki lebih “tricky” untuk diakses dari pada server FTP. Untuk mengnjungi suatu server ghoper (missal, server server ghoper pada gopher.piksi.itb.ac.id ) kunjungi url ini: gopher://gopher.yoyodyhne.com . Beberapa server gopher dapat berada pada port jaringan yang tidak umum pada mesin host. (Nomor Port Gopher default adalah 70), jika kita mengetahui server gopher pada mesin gopher.piksi.itb.ac.id ada pada port 1234 bukan pada port 70, maka Url-nya adalah gopher://gopher.piksi.itb.ac.id


Url News; Untuk menunjuk suatu newsroup Usenet ( misalnya “news:soc.culture.indonesia. Tidak semua aplikasi klien (Aplikasi pada sisi pemakai) mengizinkan url server News secara normal (seperti news: //news.piksi.itb.ac.id/soc.culture.indonesia),contoh aplikasi klien ini adalah NCSA Mosaic.


Url HTTP; Http kependekan dari Hypertext Transfer Protocol, server HTTP umunya digunakan untuk melayani dokumen hypertext, karena http adalah protocol dengan overhead yang sangat rendah, sehingga pada kenyataan navigasi informasi dapat ditambahkan langsung kedalam dokumen dan dengan demikian protokolnya sendiri tidak harus mendukung navigasi secara penuh seperti halnya protocol FTP dan Gopher lakukan. Sebuah file dengan nama “contoh.html pada server www.piksi.itb.ac.id dalam direktori “/pub/files” maka URLnya “http://www.piksi.itb.ac.id/pub/files/contoh.html
Nomor port pada jaringan HTTP default adalah 80, jika suatu server HTTP berada pada port jaringan yang berbeda, misalnya pada port 1234 maka urlnya menjadi http://www.piksi.itb.ac.id:1234/


Url Partial: Setelah menampilkan suatu dokumen dari suatu server pada jaringan (misalnya http://www.piksi.itb.ac.id/pub/files/contoh.html), kita dapat menggunakan sebagian(partial) atau relative url untuk menunjukan file yang berada pada direktori yang sama, pada mesin dan direktori yang sama yang dilayani dengan software yang sama dengan contoh.html misalnya bernama contohlain.html maka contohlain.com merupakan URL Relatif yang valid pada titik tersebut. Hal ini memudahkan untuk membuat himpunan hyperteks. Jika satu himpunan dokumen hyperteks disimpan pada direktori umum , maka file-file tersebut bisa saling mengacu satu sama lain (di-hyperlinkkan) dengan hanya menuliskan nama filenya – pembaca dapat memperoleh dokumen, dengan loncatan menuju dokumen lainnya pada direktori yang sama hanya dengan url partial.


Surfing; Kegiatan menelusuri dan mencari informasi dalam internet melalui layanan informasi web.


Surfer; Pemakai komputer yang melakukan surfing.