Pembahasan kali ini cukup menengangkan untuk kalian, lebih tepatnya adalah pentingnya artikel kalian untuk kesehatan blog kalian. Apakah kalian merasa bahwa, kalian sudah menulis dengan baik di blog kalian? Atau kalian juga merasa bahwa konten, yang ada pada blog kalian juga benar-benar sudah aman selain original?

Cara Mengecek Duplicate Konten di Blog Sendiri

Mungkin diantara kalian menjawabnya bahwa content yang sudah kalian publikasikan selama ini, sudah terbilang aman dari yang namanya copas. Karena saya yakin juga bahwa kalian, juga mengisi konten kalian dengan karya-karya original milik kalian sendiri.

Baiklah saya anggap bahwa content-konten kalian, sudah lolos dari yang namanya plagiat konten. Namun yang menjadi pertanyaan sekarang? Sudah amankah konten blog kalian dari duplicate konten blog milik sendiri? Atau kalian juga baru mengetahui istilah duplicate konten disitus milik sendiri.
Baiklah jikalu kalian belum mengetahui seperti apa yang duplicate yang saya maksud, silakan simak dengan baik pembahasan saya kali ini!

Pengertian Istilah Duplicate Konten pada Blog Sendiri

Duplicate Konten milik blog sendiri diartikan adanya sebuah isi konten yang sama, terhadap artikel yang telah dipublikasikan di blog sebelumnya. Ilustrasinya seperti ini, misalkan kalian mengisi sebuah gelas dengan berbagai warna, disini sebagai contoh disediakan 4 Gelas dan 1 Gelas baru jadi totalnya ada 5 gelas.

Dimana disini kalian diberi 5 warna, seharusnya tiap 1 warna harus ditempatkan di satu gelas. Dan setiap gelas tidak boleh memiliki warna yang sama, namun tanpa kalian sadari ada beberapa gelas yang sebenarnya kalian mengisi dengan warna yang sama.

Baca Juga:  Meningkatkan Kemampuan Menulis untuk Blogger Pemula

Itulah kira-kira gambarannya. Jika kalian perhatikan, bahwa sebenarnya kalian tidak sedang dalam menulis sebuah judul/topik yang sama namun isi kontenya sama persis dengan content yang pernah kalian terbitkan, dan content tersebut memiliki keterkaitan atau arah yang sama dengan bahasan kalian yang sekarang.

Apa Bahayanya Adanya Duplicate Konten di Blog Sendiri?

Sebagai manusia, hal yang wajar jika kalian secara tidak sengaja melakukan pengulangan terhadap sesuatu. Namun yang menjadi masalahnya adalah duplicate konten seperti ini, akan menurunkan kualitas blog kalian di mesin pencarian.

Baca Juga: Memasang Google Analis di Blog

Karena Mesin pencarian (Search Engine) sangat tidak suka, dengan situs-situs yang memiliki konten yang sama. Apa saja dampak buruknya, yang bisa didapatkan oleh blog:

  1. Menjadi Sulit Mendaftar Adsense, minimal ada duplicate content 20% max.
  2. Berkurangnya Kualitas blog di Mesin Pencarian
  3. Mengurangi SEO Blog

Mengetahui Adanya Duplicate Kontent dengan Bantuan Siteliner

Apa itu Siteliner? Siteliner adalah salah satu website yang dapat kalian manfaatkan untuk mengecek ada berapa persenkah duplicate content yang ada pada blog kalian.  Siteliner ini sangat membantu sekali untuk para blogger, yang ingin mengecek terjadinya duplicate konten di blog.

Penggunaanyapun sangat mudah, berikut ini adalah cara menggunakan Siteliner untuk mengecek duplicate konten di blog:

  1. Silakan buka browser kalian, lalu kunjung http://siteliner.com/
  2. Tempat pengecekan duplikat konten
  3. Selanjutnya silakan masukan situs yang ingin dicek duplicate kontennya.
  4. Pengecekan duplicate konten di blog
  5. Silakan tunggu proses loading pengecekan hingga selesai.
  6. Jikalau sudah berhasil, maka akan muncul informasi beberapa persen jumlah duplicate yang ada pada blog kalian seperti gambar berikut.
  7. Hasil duplicate kontent

Ada beberapa istilah lain, yang harus kalian ketahui juga:
Common Content adalah Artinya content pada blog kalian normal.
Unique Content adalah Kontent yang unik dan belum pernah digunakan.

Demikianlah beberapa langkah yang dapat kalian lakukan, untuk mengetahui adanya duplikat konten pada blog.