Apakah kalian benar-benar merasakan kesulitan dalam menulis sebuah artikel untuk sebuah blog? Hal tersebut hal yang wajar, dialami oleh seorang blogger yang baru memulai aktivitas ngeblog. Tapi sebenarnya tidak sulit, untuk dapat menghasilkan sebuah artikel di blog rutin setiap hari. Kali ini saya akan memberikan sebuah tips untuk kalian agar dapat, Membuat Artikel Blog Tiap Hari Namun Tetap Berkualitas.

Tipas membuat artikel berkualitas di blog

Kegiatan menulis itu sebenarnya mudah, namun umunya kesulitan yang sering ditemui adalah menentukan sebuah topik atau tema apa yang bakalan dikembangkan di artikel yang bakalan kalian tulis. Sayapun sama saat menjadi pemula di blog, untuk menghasilkan sebuah tulisan karya sendiri rasanya sulit sekali. Pernah saya baru menghasilkan 1 artikel dalam 2 hari, benar-benar sulit sekali menulis rasanya.

Padahal waktu saya harus komitmen, dalam 1 hari saya minimal harus bisa menghasilkan 1 artikel untuk blog saya. Namun belum terwujud, barulah setelah 1 bulan setelah itu saya terus mencoba untuk bisa dan alhamdulilah ternyata bisa. Tidak ada yang tidak mungkin, saat kalian benar-benar berusaha untuk bisa.

Namun menulis dengan cepat saja tidak cukup, karena percuma kalau banyak artikel yang ditulis namun kualitasnya tidak ada. Untuk itu pada kesempatan ini juga, kalian harus menghasilkan sebuah artikel dengan cepat dan original, serta memiliki kualitas yang tinggi.

Silakan disimak dengan baik ya, tips-tipsnya. Setelah dibaca jangan lupa diterapkan di keseharian kalian dalam menulis.

1 Membaca Artikel Blog Orang Lain 

Sebelum kalian menulias sebuah artikel untuk blog kalian sendiri, kalian harus ingat terlebih dahulu. Bahwa kemampuan menulis kalian juga, dipengaruhi dengan pengetahuan yang kalian miliki. Dan pengetahuan yang kalian miliki, berkaitan erat dengan kegiatan membaca kalian. Sebenarnya sedikit banyak,  terkait membaca ini sudah saya bahas juga di Manfaat Jadi Seorang Penulis Blog.

Biasanya kalau saya, jika sulit menulis karena belum ada ide saya sering berkunjung ke blog orang lain yang pembahasannya satu arah dengan blog saya. Karena inspirasi-inspirasi untuk menulis itu datang, dengan kalian banyak melihat, mendengar, dan terkahir dengan merasakan.

Namun aktivitas membaca disini adalah salah satu inspirasi yang didapatkan dari melihat, namun disaat kalian sedang membaca sebuah artikel harus benar-benar menyimak dengan baik. Agar kalian mendapatkan pemahaman yang baik, dari apa yang telah kalian baca.

Yang terpenting dari aktivitas membaca tersebut adalah,  kalian menemukan point pokok atau inti dari pembahasan. Nah biasanya setelah membaca  sebuah artikel, kalau saya akan mendapatkan sebuah gagasan baru untuk saya tuangkan di artikel saya. Karena tadi saya sudah menangkap inti dan maksud dari artikel yang saya baca.

Biasanya saya mencatat poin-point pokok dengan gaya saya sendiri, untuk saya jadikan kerangka di artikel yang akan saya tulis. Karena artikel-artikel ini juga memiliki kaitannya dengan adanya Pembaca Setia di Blog kalian.

2. Mencari Tempat Tenang

Setelah membaca dan mendaptkan sebuah gagasan yang akan dituangkan di dalam sebuah tulisan, saya mencari tempat yang tidak terlalu ramai. Karena jujur saja, saya tipenya tidak bisa menulis dengan baik jikalau terlalu ramai atau pecah fokus saya.

Setelah menemukan sebuah tempat yang dirasa tepat untuk melakukan aktivitas menulis, barulah saya mengingat kembali poin-poin pokok yang telah saya dapatkan dari membaca tadi. Dan mencoba, mencoba menghubungkan point-point tersebut hingga menciptakan sebuah gambaran terhadap apa yang akan saya tulis.

3. Menentukan Tema dan Judul

Sekarang posisinya saya sudah mendapatkan gambaran, tentang apa saja yang akan saya bahas. Langkah selanjutnya yaitu denga menentukan tema yang akan digunakan untuk mengembangkan kerangka berpikir kalian nantinya.

Setelah menemukan tema, kalian harus membuat judul yang unik, namun pada judul tersebut mengandung unsur kata kunci untuk memaksimalkan posisi artikel kalian di mesin pencarian. Tentukan sebuah judul yang tidak terlalu panjang, dan juga tidak terlalu pendek. Buatlah judul yang unik, yang membuat penasaran, dan mengajak orang untuk tertarik membaca artikel yang telah kalian tulis itu.

4. Membuat Kerangka Dan Point-point Pokok Judul Artikel

Tema dan judul sudah kalian dapatkan, sekarang barulah kalian meletakan point-point pokok apa saja yang ada pada artikel kalian. Agar pembahasannya lebih terstruktur, dan rapih serta tidak keluar dari topik pemabasahan. Biasanya kalau saya membuat point-pointnya seperti ini.

Misalkan Pembahasan tentang Cara Memilih Niche Blog, maka akan seperti ini saya mulai membahasanya:

  1. Membahas Pengertian Niche Blog
  2. Menetukan langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan, misalnya:
    • Mengenali Kemampuan diri Anda
    • Topik Seperti Apa yang sering Anda baca dan cari di berbagai sumber
    • Pengalaman dibidang Apa yang telah Anda miliki
    • Hal Apakah yang selalu popular disekitar Anda, dan terus Anda lihat serta mendengarnya

Nah itulah kerangka dasar dari pembahasan saya, yang nantinya akan saya kembangkan kembali dalam sebuah kalimat & paragraph.

5. Menulis dengan Perlahan

Ini adalah langkah terakhir yang kalian lakukan, yaitu menulis sebuah gagasan dalam bentuk kalimat-kalimat yang terhubung satu sama lain dengan point-point pokok yang telah kalian buat sebelumnya. Dengan begitu aktivitas kalian dalam menulis akan menjadi lebih cepat.

Karena penyebab utama seseorang sulit dalam menulis, adalah mereka tidak menentukan terlebih dahulu kerangka dari artikel tersebut. Karena pada dasarnya, manusia itu membutuhkan sebuah konsep yang rapih agar ia bisa berjalan sesuai dengan alur yang telah ditentukan.