Membangun sebuah blog yang ramah pengunjung, menjadi PR besar bagi setiap blogger. Karena percuma membuat blog yang bagus, akan tetapi tidak ada yang membacanya sama sekali. Tentunya pembaca atau pengunjung blog merupakan semangat terbesar bagi setiap blogger, termasuk saya sendiri.

Mendapatkan banyak pembaca di blog

Blog yang bagus tidak cukup dilihat dari luar atau tampilan saja, namun disisi lain dilihat juga  bagaimana blog tersebut bisa memberikan sebuah informasi yang benar-benar dibutuhkan oleh setiap pembaca. Dan mengembangkan sebuah blog itu, harus benar sesuai dengan tujuan utama kalian dalam membangun sebuah blog.

Apa sih rahasianya, untuk membangun blog yang disukai oleh banyak pembaca? Sehingga blog kalian setiap saat, akan dibanjiri oleh banyak pembaca. Melalui artikel ini, kalian bisa membaca kiat-kiat membuat blog kalian menjadi disukai oleh banyak pembaca.

Baca Juga: Cara Membuat Blog di Blogger

Ada beberapa hal yang harus sangat diperhatikan, agar blog mendapatkan banyak pembaca setia di blog, diantaranya:

1. Memilih Template Fast Responding & Friendly

Banyak blogger yang memilih template yang sembarangan untuk blognya, sehingga dari sisi tampilan awal akan membuat pembaca menjadi malas untuk berkunjung ke blog tersebut. Setiap orang menyukai sebuah keindahan, itulah kenapa tampilan diawal ini sangat perlu diperhatikan dengan baik.

Baca Juga:  8 Template Keren Bloger Premium Seo Gratis Terbaik 2019

Namun kalian jangan khartir, sekarang ini tersedia banyak template-template gratis yang SEO dan juga responsive untuk blog. Seperti apa sih template yang Responsive itu? Template yang responsive itu adalah template yang memiliki kecepatan yang baik saat diakses oleh siapapun, dan dari perangkat mobile/desktop.

Karena kecepatan dalam sebuah pengaksesan sebuah blog, sangat memberikan kenyamanan pada penggunanya. Karena kalau terlalu lama dalam pengaksesan sebuah blog, pengunjung akan merasa dirugikan dan membuang-buang waktu mereka saja.

Nah ini mungkin masih menjadi masalah di blog kalian, itulah kenapa mungkin masih sangat sedikit sekali pembaca yang datang ke blog kalian selain dari factor x.

Cara mengetahui apakah template yang kalian gunakan sudah responsive atau belum bisa menggunakan beberapa metode:

  1. Melakukan pengecekan blog dengan tols online
  2. Analisis sendiri, dan bertanya kepada beberapa pembaca terhadap tampilan blog kalian.

Jika kalian merasakan bahwa template yang kalian gunakan masih asal-asalan, atau yang penting sudah pakai template. Maka mulai sekarang ganti dan perbaharui semuanya, dan gunakan widget yang penting-penting saja di blog.

2. Perhatikan dengan Baik Penempatan Tanda Baca

Setiap pembaca yang berkunjung ke sebuah blog, tentunya memiliki sebuah tujuan untuk memperoleh sebuah informasi yang mereka butuhkan. Jika tidak ada informasi yang sesuai dengan yang mereka cari, tentu mereka tidak akan berkunjung ke  blog kalian.

Selain itu pembaca ingin benar-benar melihat seberapa baik, informasi di blog kalian yang kaitannya dengan kejelasan informasi yang ditulis. Ini kaitannya dengan penempatan tanda baca pada setiap artikel yang kalian buat.

Baca Juga: Tips Meningkatkan Kemampuan Menulis untuk Blogger Pemula

Karena kesalahan-kesalahan kecil semacam ini, memiliki efek yang besar tehadap pembaca blog kalian. Karena jikalau salah penempatan tanda baca, yang terjadi kalimat yang ditulis menjadi sulit untuk dimengerti, serta kalimat menjadi ambigu.

3. Memiliki Gaya Tersendiri dalam Menulis Sebuah Artikel

Pernahkah kalian membaca sebuah artikel di blog seseorang? Saya yakin, kalian sering membaca sebuah informasi di sebuah blog. Namun ada sebuah situs yang akan sering kalian kunjungi karena kalian merasakan nyaman dari cara ia menyampaikan. Itulah yang dimaksud dengan gaya dalam kepenulisan, bagaimana kalian bisa menjabarkan sebuah kalimat dengan menggunakan kata-kata kalian sendiri.

Apakah penyampaian di blog harus selalu menggunakan kata baku? Penyampaian dalam sebuah artikel blog tidak harus menggunakan kata baku, hal ini disesuaikan kembali dengan sasaran pembaca dari blog kalian. Jikalau pembaca kalian kalangan Akademisi, maka wajib menggunakan kata baku agar informasi tersebut benar-benar profesional. Namun jika pembaca kalian bukan dari kalangan akademisi, saya rasa ini tidak perlu. Karena yang terpenting itu bagaimana kalian bisa menyampaikan sesuai dengan style kalian masing-masing.

Karena penyampain setiap orang-orang beda-beda, dan punya khas sendiri. Tidak harus meniru gaya orang lain, menulislah dengan gaya kalian sendiri. Maka tulisan yang dihasilkan nanti akan lebih, nyaman dibaca.  Saya yakin pembaca akan lebih suka dengan gaya kepenulisan  kalian yang sesungguhnya.

4. Pilihlah Topik Bahasan yang Sesuai dengan Blog

Bahaslah sebuah topik, yang menunjukan kesesuaian dengan Niche Blog kalian. Jangan membahas sebuah topik, yang sudah diluar kategori blog kalian. Dan sangat bagus kalau blog kalian, fokus di satu pembahasan, dan pembahasannya mendalam. Karena pembaca blog akan lebih suka dengan blog-blog yang fokus 1 pembahasan, karena disana orang akan menilai kalian benar-benar profesional dibidang tersebut.

Itulah kenapa jika kalian perhatikan, blog-blog yang memiliki  fokus disatu topik lebih cepat majunya dibanding dengan blog yang gado-gado. Dan pembahasan di blog-blog yang memiliki satu fokus pembahasan biasanya lebih terstruktur dan rapih.